-->

Tips Memilih Perguruan Tinggi Swasta

Memilih Perguruan Tinggi tentu sangat sulit, karena berkaitan dengan hobi dan skill kita. Tapi jika kita bingung akan masuk pada perguruan tinggi mana, mari kita bahas bersama-sama beberapa "Tips Memilih Perguruan Tinggi Swasta. Kenapa swasta, karena perguruan tinggi swasta yang sering bermasalah dengan perizinan dan administrasi. Untuk Perguruan tinggi negeri sudah terjamin tertib 99%.
Tips Memilih Perguruan Tinggi Swasta agar tidak menyesal
Tips Memilih Perguruan Tinggi Swasta agar tidak menyesal

Tips Memilih Perguruan Tinggi Swasta Terbaik

Langsung saja kita menuju beberapa poin yang perlu kita perhatikan dalam memilih PTS. Dalam index pembahasan sebagai berikut:

  1. Legalitas
  2. Jurusan
  3. Prestasi/Akreditasi
  4. Akses Lokasi
Cukup dengan empat poin tersebut kita akan mendapatkan pilihan PTS terbaik untuk kita. Mari kita bahas satu per satu poin di atas.

Legalitas Perguruan Tinggi Swasta

Masalah legalitas adalah yang paling penting dan viral. Banyak yang tidak menyadari akan PTS yang sudah tidak memiliki izin karena pelanggaran tertentu dan tetap beroperasi tanpa izin. Akibatnya, banyak mahasiswa dan Sarjana yang terjebak dalam skandal kasus ijazah palsu. Jangan sampai kita menjadi korban yang demikaian maka kita harus jeli dan teliti dalam memilih PTS.

Untuk mengetahui PTS yang legal dan masih beroperasi yaitu dengan melihat di Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDIKTI). Dalam website resmi PDDIKTI semua perguruan tinggi yang memiliki hak untuk menjalankan perkuliahan tercantum. Bahkan hingga data mahasiswa serta dosen yang mengisi perkuliahan tercatat di PDDIKTI.

Untuk melihat status PTS di PDDIKTI, kita harus mengunjungi website resmi Pangkalan Data Perguruan Tinggi. Setelah masuk pilih menu Pencarian Data kemudian pilih Profil Perguruan Tinggi. Setelah itu masukkan Nama PTS yang akan dilihat. Maka akan terlihat laporan izin operasional PTS tersebut.

Jurusan dan Prodi

Jurusan yang kita pilih ketika masuk perguruan tinggi harus jurusan yang kita sukai. Misalkan kita suka dengan Pendidikan Fisika, maka harus masuk pada jurusan tersebut. Kenapa harus demikian, karena jika tidak kita akan merasa bosan karena bukan bidang kita.

Tidak hanya melihat ketersediaan Prodi pilihan kita tetapi juga harus melihat izin operasional dari jurusan tersebut. kembali seperti melihat Profil PTS di PDDIKTI dan akan melihat prodi apa yang masih memiliki izin operasional. Igat, jangan sekali kali melakukan spekulasi terhadap pendidikan, karena selain biaya yang lumayan mahal tetapi juga kerugina waktu yang tak akan tergantikan oleh apapun.

Prestasi/Akreditasi

Salah satu pertimbangan lain untuk masuk PTS adalah Akreditasi BAN-PT PTS termaksud. Misalkan PTS A memiliki Akreditasi B BAN-PT dan PTS dengan Akreditasi C BAN-PT, maka pilihlah PTS A. Mengapa demikan, karena nantinya akan menentukan mudahnya mencari kerja (Katanya sik.....). Tapi yang jelas, semakin bagus akreditasi semakin bagus pula kualitas perkuliahan dan fasilitas yang tersedia.

Banyak yang mengatakan bahwa Akreditasi tidak terlalu penting, tetapi jika tujuan kita kuliah untuk mencari karir atau dengan kata kasar ingin menjadi PNS, maka akreditasi sangat penting. Yah tapi jika sobat ingin kuliah untuk pengalaman mah jadi beda cerita. Tapi perlu diingat, sebaik apapun prestasi yang dimiliki oleh instansi jika manusianya kurang memanfaatkan juga akan sia-sia.

Akses Lokasi

Pertimbangan terahir adalah akses lokasi kampus PTS. Lokasi adalah hal yang memudahkan kita dalam segala urusan lho. Perlu diingat, lokasi yang mudah akan mempermudah kita dalam proses kuliah. Ada beberapa faktor lokasi yang perlu di tinjau yaitu faktor keamanan, sarana dan prasarana umum, akses transportasi.

Pada dasarnya jika mencari lokasi kampus terbaik adalah yang berada di keramaian kota. Selain kita mudah mendapatkan segala sesuatu keperluan kuliah, juga banyak hal yang membuat kita tidak cepat bosan. Tetap jika yang berprinsip untuk membuka Usaha dan Bisnis Paruh Waktu maka kita bisa memilih lokasi yang belum padat penduduk atau di kota kota kecil.

Itulah beberapa kiat yang harus diperhatikan ketika memilih PTS. Selamat mencari dan menjelajah.

Ingat: Jangan sekali-kali melakukan Spekulasi Pendidikan. Selai rugi materi kita akan kehilangan waktu yang begitu berharga.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tips Memilih Perguruan Tinggi Swasta"

Post a Comment

Semua komentar kami terima. Semoga dapat membantu

Ads tengah artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel